6 Tips Memulai Dari Nol, Bisnis Online Anak Muda

6 Tips Memulai Dari Nol, Bisnis Online Anak Muda

mulai-dari-nol.jpg

Menjadi enterpreneur atau seorang pengusaha yang mempunyai bisnis sendiri di usia muda merupakan impian bagi sebagian besar remaja.

 

“ Sebenarnya bukan sempitnya lapangan pekerjaan yang membuat orang menganggur, tapi sempitnya jiwa orang muda yang bisa bekerja dengan hati yang lapang “.
Sahabatku yang merindukan pekerjaan yang baik, untuk bisa menghasilkan rezeki yang baik, untuk orang – orang baik yang dikasihinya. Berapa banyak hari ini kita dengar, begitu banyak orang yang tidak mau bekerja, dan coba buka usaha hanya karea ia tidak minat dibidang ini dan itu.

 

Tapi, menjalankan bisnis sendiri tidaklah semudah membalik telapak tangan. Apalagi dilakukan di usia muda. Ada banyak tantangan dan hambatan yang menjadi penghalang untuk memulai bisnis, usia muda usia yang produktif memulai bisnis sendiri.

Menjamurnya bisnis online dengan memanfaatkan sosial media yang menjadi tren bisnis saat ini tentu banyak menarik minat kaum muda tersebut untuk mencoba berbisnis sendiri.

Lalu, bagaimana cara agar kita mempunyai semangat dalam memulai bisnis jika menemui kendala dan hambatan?. Berikut ini adalah 5 tips sederhana yang bisa memicu semangat semangat kaum muda untuk menjalankan bisnis sendiri.

  1. Lihat Peluang yang Sedang Berkembang

Berbicara tentang passion, berarti membicarakan sesuatu hal menarik dan bahkan menyita perhatian kita yang pada akhirnya menjadi sebuah obsesi tersendiri pada diri kita. Hal ini sangat penting ketika akan memulai sebuah bisnis. Pilihlah bisnis yang sesuai passion atau kata hati kita. Hindari membuka bisnis atas dasar mengekor orang lain yang terlebih dahulu sukses dengan bisnis yang dijalaninya.Do it your own business

  1. Hindari Pola Pikir Bertentangan dengan Dunia Bisnis

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dipraktekkan dan dijalankan, bukan bisnis yang hanya berakhir pada ucapan. Hal ini juga penting untuk menjadi perhatian bagi sebagian besar kaum muda yang nantinya akan memulai bisnisnya sendiri.

Banyaknya mindset yang keliru tentang dunia bisnis seperti istilah dalam bisnis harus menyiapkan modal besar, siap infrastuktur dsb, justru malah akan menghambat kita dalam memulai usaha.

Jika kita termasuk pribadi yang kreatif, ada banyak peluang bisnis disekitar kita yang bisa dimanfaatkan tanpa harus mengeluarkan banyak modal seperti bisnis online yang hanya membutuhkan perangkat laptop dan sambungan internet.

  1. Kenali Kemampuan/Potensi diri

Menggali potensi diri adalah salah satu cara kita menemukan potensi tersembunyi yang ada dalam diri kita. Setiap individu tentunya memiliki potensi dan juga kemampuan yang dapat dikembangkan dan dieksplorasi lebih mendalam lagi untuk kepentingan dirinya.

Salah satu caranya adalah dengan cara melakukan hal – hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Hal sederhana inilah yang nantinya akan membuka wawasan dan memberikan sudut pandang yang baru terhadap diri kita.

  1. Selalu Mengikuti Perkembangan

Setelah mengetahui apa yang menjadi passion kita dan potensi yang dimiliki, hal selanjutanya adalah kita dituntut untuk menjadi pribadi yang dinamis, proaktif dan lebih peka terhadap perkembangan terbaru disekitar kita, terutama menyangkut perkembangan dunia bisnis. Jangan menjadi pribadi yang tertutup dan statis jika ingin berkembang dalam dunia bisnis

  1. Managemen Waktu yang Efektif dan Effisien mungkin

Waktu adalah uang. Ungkapan tersebut bukanlah sekedar isapan jempol belaka. Waktu memang sangat berharga sekali, terutama di usia muda. Pada saat inilah kita bisa memanfaatkan masa muda kita untuk memaksimalkan potensi diri yang ada, termasuk juga belajar menjalankan bisnis

  1. Jalankan Apa yang Sudah di Rencanakan Secara Matang

Setelah kita dapat menentukan bisnis apa yang akan dijalankan, eksesusi dari ide bisnis kita konsep sebelumnya menjadi sebuah hal yang nyata. Langkah awal kita untuk belajar arti bisnis yang sesungguhnya. Praktik langsung di kehidupan nyata, dengan banyak mencoba dan belajar, maka apa yang kita lakukan pada bisnis kita, tentu akan bermanfaat pada perkembangan bisnis itu sendiri di kemudian hari.

 

 

Tinggalkan komentar